Friday, November 29, 2019

12 Pelajaran Hidup yang Sering Datang Terlambat



12 Pelajaran Hidup yang Sering Datang Terlambat , Motivasi hidup 

Hidup adalah sebuah perjalanan  , ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil untuk dalam perjalanan kita dalam mengenal arti kehidupan , Kadang-kadang ia mengajari dengan begitu keras. Saking kerasnya, kamu butuh waktu untuk menganalisis hikmah di balik suatu kejadian.

Segala sesuatu dalam hidup bisa membawa pelajaran tersendiri bagi masing-masing pribadi. Tapi, tidak sedikit juga yang terlambat mempelajari apa yang terjadi dalam hidupnya.

Walau terlambat sekalipun, pelajaran itu pasti akan datang. Berikut 10 pelajaran hidup yang kadang datang terlambat. Mungkin beberapa diantaranya sedang kamu dapatkan.



1. Waktu adalah segalanya



ketika kita masih kecil  tentunya kita tidak peduli akan waktu mau berjalan kemana , bermain - dan terus bermain  kita tak peduli akan waktu  yang penting ora happy .

namun saat kita dewasa nanti  mungkin kita akan mempelajari bahwa  Waktu adalah penyembuh yang hebat namun juga pembunuh yang hebat. Kamu akan sangat menderita kalau kamu menghabiskannya begitu saja.

Jangan membuang sedikit saja waktumu tanpa membuatnya berarti. Memang, waktu bisa menyembuhkan luka dalam diri seseorang, tapi waktu juga bisa membunuh orang itu jika waktu itu disia-siakan begitu saja. Jangan sampai kamu baru menyadarinya saat semua sudah terlambat dan kamu sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi


2. Mengeluh Tidak akan menyelesaikan Masalah




Kita sering melakukan sesuatu yang tidak berguna seperti mengkomplain tentang segala hal , namun itu merupakan suatu tindakan yang tidak akan pernah menyelesaikan masalah apapun .

tapi kenapa kamu masih sering melakukannya? Coba ingat-ingat, berapa banyak kali kamu komplain tentang segala sesuatu yang kurang dalam hidupmu? Bersyukurlah dan berhenti komplain. Kamu sendiri yang akan menderita nanti.



3. Mengenali potensi diri kamu



Kualitas pada diri sendiri sangat lah di butuhkan untuk masa depan kita . Sayangnya, ia sering datang terlambat. Mengenali diri, berarti kamu belajar mengetahui potensi apa yang  Tuhan berikan untukmu.

Setiap manusia pasti memiliki  potensi yang berbeda-beda. Potensi tersebut dapat menjadi senjata untuk menghadapi, membantu, bahkan membantu kamu .

Dengan mengetahui potensi  dalam diri kamu dapat  membantu kamu  mengetahui sifat dasar, kecerdasan, kelebihan, kekurangan, dan segala fitur yang ada pada dirimu. Kamu dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut di masa depan.



4. Jangan terlalu cepat menilai orang lain

Ini adalah pelajaran yang umum datang terlambat pada banyak orang. Penyebabnya adalah penilaian spontan . Misalkan, seseorang yang tampil jelek  biasanya dianggap tidak rapih, tidak berpendidikan, dan berekonomi rendah.

namun faktanya orang tersebut yang kita nilai jelek tapi merupakan salah satu orang terpenting di dunia , atau orang kita anggap bodoh dan miskin tapi merupakan orang  kaya pembisnis yang di hormati . mungkin kita akan merasa malu pada dirikita sendiri


5. Semua Orang Sedang Berusaha Melakukan yang Terbaik, Caranya Saja yang Berbeda-Beda



setiap orang berada dalam fase yang sama: sama-sama bingung, sama - sama kacau, dan sama sama berusaha dan belajar untuk  menjadi yang terbaik.

Pribadi setiap orang yang unik berdampak pada metode pencapaian yang berbeda-beda. Ada yang butuh jalan pintas. Ada yang rela bersusah payah. Ada yang suka mengeluh tapi ambisius. Akan tetapi, tidak semua orang dapat menerima perbedaan tersebut.

Pelajaran ini seringkali datang terlambat karena memahami suatu hal dengan baik, ego harus direndahkan. Akan tetapi kesadaran ini membuat matamu terbuka untuk mengapresiasi usaha orang lain, semenyebalkan apapun itu. Dengan itu, kamu dapat mengapresiasi cara yang dilakukan orang lain.


6. Jangan terlalu banyak mendengarkan saran orang lain



terkadang kamu harus menemukan pilihan hidup mu sendiri untu bisa melangkah maju ke depan , mendegarkan saran orang lain merupakan hal yang bagus namun kita masih perlu untuk memilih mana yang baik untuk diri kita sendiri


karna jika Terlalu banyak mendengarkan saran orang lain bisa mengganggumu dalam menentukan pilihanmu sendiri.

Bukan berarti kamu menjadi keras kepala dan tidak mau diberi masukan. Tapi kamu harus tahu sebatas mana kamu bisa menerima pendapat orang lain. Kalau pendapat itu hanya membuatmu kehilangan jati dirimu sendiri, maka buat apa?




7. Cukup Dengarkan Saja

Mendengarkan adalah kebiasaan positif yang harus dipupuk kebanyakan orang. Banyak orang yang lebih ingin didengarkan daripada diberi solusi, karena bercerita membuat kamu merekonstruksi kejadian di dalam pikiran sehingga dapat menemukan solusi sendiri. Umumnya, manfaat bercerita hanya untuk melepaskan beban, kecuali jika seseorang memang meminta solusi.

Mendengarkan adalah gerbang terbaik untuk memahami seseorang. Pola pikir “selalu beri solusi” sering menjadi pemantik masalah seperti toxic positivity dan pacuan masalah. Toxic positivity terjadi ketika seseorang berusaha keras memberi solusi namun tidak menyertakan empati—hanya lip service. Pacuan masalah lebih parah lagi. Pihak yang mendengarkan cerita justru membandingkan ceritanya, menyebabkan pihak yang bercerita malas mengungkapkan lebih.



8. Diam Itu Emas

Semakin dewasa, kamu akan semakin belajar untuk menyeleksi apa yang diucapkan. Tidak semua orang dapat menerima ucapanmu dengan baik. Entah karena kondisi emosi dan mentalnya, pengalaman hidupnya, intelektualnya, dan faktor lain. Ungkapkan hal general pada kebanyakan orang dan perjelas jika perlu.

Menghemat bicara kadang dapat mengurangi masalah, sekuat apapun doronganmu untuk berkomentar. Hal ini berlaku di dunia nyata maupun maya, ya. Apalagi di dunia maya yang multitafsir karena teks tidak memiliki intonasi dan mimik.


9. Selalu Ada Kemudahan yang Mengiringi Kesulitan, Walau Kamu Tak Paham Apa

Walau sering tak terlihat, hal positif selalu mengiringi kesulitan. Kesulitan yang kamu alami justru sering memudahkan sesuatu dalam dirimu dan orang lain. Contohnya, tak kunjung lulus kuliah memudahkan kamu bersabar dan meningkatkan kemampuan profesionalmu karena terus mengulang penelitian.


10. Kadang-kadang, Terlalu Peduli Adalah Jebakan

Kepedulian akan dimanfaatkan oleh yang membutuhkan, bagaimanapun caranya. Ada banyak orang yang menjadi manja saat kamu terlalu peduli. Padahal sesungguhnya solusi suatu masalah ada di setiap diri orang-orang. Daripada memanjakan seseorang, lebih baik kamu sekedar menunjukinya jalan keluar. Selain mengajarinya untuk berpikir, kamu juga membantunya menggunakan potensi yang ada dalam dirinya, lho!



11. Menahan Ego adalah Cara Terbaik untuk Belajar

Pelajaran yang satu ini berlaku pada masalah dengan siapapun: orangtua, anak, saudara, kekasih, maupun teman. Menahan ego adalah kunci memahami seseorang dan menyambung koneksi dari hati ke hati. Positifnya, menahan ego memungkinkan kamu belajar lebih baik. Menahan ego juga membantu menerima kekurangan diri dan kritik.

Biasanya, perasaan “Saya lebih benar dari Anda karena saya adalah…” menimbulkan rasa sombong dan menutup kemampuan otak untuk belajar. Perasaan rendah hati memudahkan kamu menimba ilmu dari berbagai kalangan, walau di komunitas paling sederhana sekalipun.

Sepuluh pelajaran hidup diatas sebenarnya adalah pelajaran yang umum diperoleh. Hanya saja, waktu perolehan yang menjadikan mereka spesial. Keterlambatan menjadikan mereka begitu berharga. Penyesalan datang di akhir, namun hadir mengasah pribadi.



12. Kegagalan Adalah Guru Terbaik

Sedang mengalami kegagalan? Bagus, berarti kamu sedang ditempa menjadi berlian. Kegagalan, selain keberhasilan yang tertunda, adalah guru terbaik. Dari kegagalan kamu mempelajari bahwa tidak semua jalan itu terpenuhi dan berjalan mulus. Darinya kamu tahu kualitas diri dan orang di sekitarmu. Begitu pula tentang skenario Tuhan adalah yang terbaik. Kegagalan menempa kamu kuat menghadapi kerasnya kehidupan.

kesimpulan :

Demikianlah artikel tentang 12 pelajaran hidup yang sering datang terlambat, semoga bermanfaat bagi kalian  semua.

sumber : simulasikredit.com

Baca Artikel lainnya ya!...

Daftarkan Email Kamu disini!..

Nggak perlu bolak-balik ke Situs ini untuk ngecek postingan terbaru, Daftarkan aja email kamu disini.

12 Pelajaran Hidup yang Sering Datang Terlambat
4/ 5
Oleh