Thursday, April 2, 2020

7 Alasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Baju!




Inilah 7 Alasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Baju!

kalian pasti pernah berpikir ,  kenapa sih  karakter anime  seperti naruto & Goku  itu tidak pernah ganti baju ?  apa baju mereka tidak bau untuk di pakai setiap hari !

bayangkan naruto setelah menyelesaikan misi berhari - hari  bahkan sampai bertarung di tempat sampah sekalipun dia gk pernah ganti baju  .

bahkan  menurut ku bukan hanya naruto saja yang hanya memakai baju yang sama .  hampir seluruh karakter kartun anime & Manga selalu menggunakan baju yang sama setiap harinya ?

kenapa begitu ya ?

 Meskipun pertanyaan tersebut terdengar bodoh, ternyata ada alasan di balik kenapa karakter anime khususnya anime dengan genre Shounen tidak pernah ganti baju

nah apa saja kah alasan nya , berikut


1. Tidak ribet Di Gambar


oh , tentu saja ini adalah alasan animator  yang paling kuat untuk tidak membuat banyak baju hanya dari satu karakter saja , coba bayangkan  serial naruto yang memiliki banyak pemain  bahkan jika dihitung hitung  jumlah karakter yang ada di anime naruto udah lebih dari 1000 orang .

pastinya si pengarang manga Anime tersebut bakal pusing tujung keliling karna pakaian yang ia buat untuk setiap karakter tidak lah mudah  , satu baju yang terlihat sederhana saja kadang sulit untuk di gambar apalagi kalo bajunya memiliki berbagai pola unik seperti baju batik .

bisa-bisa memakan waktu yang sangat lama  ,belum lagi sih pengarang harus memikirnya jalan cerita   , sedangkan mereka memiliki tenggat waktu yang sangatlah ketat. Maka dari itu pembuat manga selalu menggunakan pakaian yang sama untuk karakter utamanya agar mempercepat proses pembuatan karakter.

Selain itu, menggambar pakaian yang sama berkali-kali akan membuat si pengarang manga merasa terbiasa untuk melukis pakaian tersebut. Jadi, sang pengarang manga tidak perlu susah payah melihat referensi ketika menggambar baju.

2. Punya Ciri Khas Tersendiri


Supaya lebih mudah dikenali, pastinya karakter harus memiliki ciri khas tersendiri supaya pembaca bisa mengenali karakter dengan mudah. Kamu pasti akan langsung sadar dan tahu dengan suatu karakter hanya dengan melihat pakaiannya saja.


3. Gampang Dikenali


Seperti yang sudah dituliskan pada poin kedua bahwa kamu pasti akan langsung mengenali suatu karakter hanya dengan melihat pakaiannya saja. Layaknya sebuah brand,kamu pasti akan tahu nama dari brand ternama hanya dengan melihat sekilas, begitu juga dengan karakter anime!


4. Tidak berganti baju sudah mainstream


Industri anime kebanyakan sudah mainstream dengan tidak bergantinya pakaian. Hal ini memicu industri anime lainnya juga malas untuk membuat karakter bergonta-ganti pakaian. Selain itu mereka juga mendapatkan keuntungan seperti 2 hal di atas yaitu karakter yang ikonik dan memudahkan pengarang dalam menggambar.


5. Pembaca Biasanya Tidak Peduli dengan Pakaian



Kebanyakan penikmat anime dan pembaca manga biasanya sama sekali tidak peduli dengan pakaian, dan hal tersebut juga tidak akan mengganggu pikiran si pembaca. Biasanya pembaca hanya fokus kepada jalan cerita yang ditawarkan dari anime atau manga tersebut, dan sama sekali tidak memikirkan pakaian apa yang sedang dikenakan oleh karakter di dalam anime atau manga yang ia baca.


6. Menghemat biaya merchandising



Karakter dalam anime pasti memiliki daya jual yang tinggi. Nah, bagi produsen mainan atau merchandise, hal ini menjadi sangat menguntungkan. Mereka tidak perlu membuat berbagai macam karakter dengan berbagai macam pakaian. Dengan kata lain, dengan hal ini mereka dapat menekan biaya mereka.



7. Ada beberapa Anime yang berbeda



Meskipun kebanyakan Anime menggunakan pakaian yang sama setiap hari , namun ada juga beberapa genre anime yang  dimana animatornya membuat   karakter anime yang setiap harinya  berganti - ganti baju .

seperti contohnya  Anime Gochumoon usagi desu ka?  merupakan  anime Genre slice of life  yang menampilkan kehidupan sehari - hari  para gadis  yang tinggal di negri bak dongeng ,  bekerja sekolah  dengan penuh keceriaan .

meskipun baju sekolah dan baju bekerja mereka memakai pola yang sama namun jika kita amati  gadis gadis tersebut sering mamakai baju keseharian yang berbeda bahkan kadang  gaya rambut juga berbeda setiap harinya .

Mungkin itu juga merupakan daya tarik dari anime tersebut .

Namun yang pasti Rata-rata karakter anime yang tidak pernah ganti baju berasal dari anime dengan genreShounen, Action, atau Adventure karena anime tersebut lebih mementingkan pertarungan dibandingkan pakaian.

Akhir kata :

Nah itulah beberapa penjelasan Unfaedah  dari mengapa karakter anime tidak pernah ganti baju , kalo karakter anime tidak ganti baju itu bagus  sangat bagus sekali   ,  tapi kalo kamu tidak ganti baju  hingga bertahun tahun itu masalah , udah kaya gembel aja ;v

Baca Artikel lainnya ya!...

Daftarkan Email Kamu disini!..

Nggak perlu bolak-balik ke Situs ini untuk ngecek postingan terbaru, Daftarkan aja email kamu disini.

7 Alasan Kenapa Karakter Anime Tidak Pernah Ganti Baju!
4/ 5
Oleh

1 Comments:

February 15, 2021 at 6:06 AM delete

Wah ternyata masih ada website otaku seperti ini. Terimakasih min infonya sangat menghibur dan bermanfaat

Btw kalau ada yg mau download anime subtitle bahasa Indonesia langsung kunjungi profil ku ya guys 🥳🙏

Reply
avatar